About

Pages

Minggu, 21 April 2013

Domain dan fungsinya

Posted by Unknown On 01.08 No comments



               PENGERTIAN DAN FUNGSI DOMAIN NAME SYSTEM (DNS)



Pengertian DNS (DOMAIN NAME SYSTEM). Pasti banyak yang masih belum tahu apa dan untuk apa domain itu? Saya akan mencoba sedikit menjelaskan fungsi dan pengertian domain itu.

Domain adalah sebuah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau e-mail server di jaringan computer atau internet.

Nama DOMAIN ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs atau website, seperti contohnya “sepatutasku.com" dan "saudagaronline.com”. Nama DOMAIN juga kadang disebut pula dengan istilah URL atau alamat Website.

Domain ialah sebuah label identifikasi yang mendefinisikan sebuah wilayah administratif otonomi, otoritas, atau kontrol di Internet, berdasarkan Domain Name System (DNS). Domain digunakan untuk menamai situs website yang di miliki untuk pemangilan nama domain tersebut membutuhkan Uniform Resource Locators (URL) yang ada di browser. contoh dari nama domain itu ialah http://mrifai.com

DNS (Domain Name System, bahasa Indonesia: Sistem Penamaan Domain) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surat elektronik (email) untuk setiap domain.

         DNS juga menyediakan servis yang cukup penting untuk Internet, bilamana perangkat keras komputer dan jaringan bekerja dengan alamat IP untuk mengerjakan tugas seperti pengalamatan dan penjaluran (routing), manusia pada umumnya lebih memilih untuk menggunakan nama host dan nama domain, contohnya adalah penunjukan sumber universal (URL) dan alamat e-mail. DNS menghubungkan kebutuhan ini.

SUB DOMAIN

Sub Domain ialah nama domain yang di tambahkan di domain utama. seperti misalnya nama domain yang di gunakan ( example.com)  itu adalah nama domain utama maka yang di sebut sub domain itu (contoh.example.com) . Jadi dapat di simpulkan bahwa sub domain itu penambahan dari domain utama yang di tambahakan (.) titik di depan nama domain.

FUNGSI DOMAIN

Fungsi Domain adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “wikipedia.org”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Nama DOMAIN juga berfungi untuk mempermudah para pengguna di internet mencari sebuah website pada saat melakukan akses ke server, selain itu juga domain dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang biasa dikenal sebagai IP Address.

JENIS-JENIS DOMAIN, SERTA FUNGSI DAN MEKANISMENYA

Secara umum, domain name terdiri atas dua jenis, yaitu:

1. Generic Domains (gTLDs) : Merupakan domain name yang berakhiran dengan .Com .Net  .Org .Edu .Mil atau .Gov Jenis domain ini sering juga disebut top level domain dan domain ini tidak berafiliasi berdasarkan negara, sehingga siapapun, dapat mendaftar.

·                .com : merupakan top level domain yang ditujukan untuk kebutuhan “commercial”.

·                .edu : merupakan domain yang ditujukan untuk kebutuhan dunia pendidikan (education)

·                .gov : merupakan domain untuk pemerintah (government)

·                .mil : merupakan domain untuk kebutuhan angkatan bersenjata (military)

·                .org : domain untuk organisasi atau lembaga non profit (organization).

2 Country-Specific Domains (ccTLDs) : yaitu domain yang berakhiran dengan dua huruf ektensi, dan sering juga disebut second level domain, seperti .id (Indonesia), .au (Australia), .jp (Jepang) dan lain-lain. Domain ini dioperasikan dan didaftarkan dimasing negara. Di Indonesia, domain-domain ini berakhiran, .co.id, .ac.id, .go.id, .mil.id, .or.id, dan pada akhir-akhir ini ditambah dengan war.net.id, sch.id, dan web.id. Pengguna domain ini dikenakan biaya sebesar Rp. 150.000,- ditambah pajak 10 %, kecuali untuk go.id, dan sch.id tanpa dikenakan biaya.

1.             .co.id : Untuk Badan Usaha yang mempunyai badan hukum sah

2.             .ac.id : Untuk lembaga pendidikan

3.             .go.id : Khusus untuk Lembaga Pemerintah Republik Indonesia

4.             .mil.id : Khusus untuk Lembaga Militer Republik Indonesia

5.             .or.id : Untuk segala macam organisasi yang tidak termasuk dalam kategori “ac.id”, “co.id”, “go.id”, “mil.id”, “net.id” dan lain-lain.

6.             .war.net.id : untuk industri warung internet di Indonesia

7.             .sch.id : khusus untuk Lembaga Pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan

seperti SD, SMP dan atau SMU

8.             .web.id : Ditujukan bagi badan usaha, organisasi ataupun perseorangan yang melakukan kegiatannya di World Wide Web.

Sebuah domain dapat mengandung beberapa jenis komputer yang menjalankan peranan-peranan (role) yang berbeda-beda, yakni sebagai berikut:

·                Domain controller: Komputer-komputer jenis ini akan memelihara basis data informasi direktori untuk domain yang bersangkutan. Dalam domain berbasis Windows NT, basis data ini disebut sebagai Security Accounts Manager (SAM) database, sementara dalam Windows 2000, Windows Server 2003 serta Windows Longhorn Server, basis data ini disimpan di dalam layanan direktori Active Directory.

Setiap domain controller dapat secara periodik bertukar informasi direktori dengan menggunakan proses directory replication (replikasi direktori), sehingga informasi yang dimiliki oleh setiap domain controller selalu terbarui (jika informasi yang disimpan di dalam domain controller telah kadaluwarsa, para pengguna mungkin mendapatkan masalah dalam rangka melakukan proses logon ke domain controller tersebut atau mencari sumber daya yang terdapat di dalam domain tersebut). Domain controller memiliki hak untuk melakukan autentikasi terhadap komputer lainnya. Domain controller yang bertindak sebagai pengatur pusat domain disebut dengan Primary Domain Controller (PDC), sementara yang bertindak sebagai salinan dari PDC disebut dengan Backup Domain Controller (BDC).

·                Member server: Merupakan komputer server yang digunakan untuk melayani pengguna, seperti halnya menjalankan layanan berbagi berkas (file-sharing) semacam Common Internet File System (CIFS) atau menjalankan banyak aplikasi server, seperti Microsoft SQL Server atau Internet Information Services (IIS).

Member server tidak memiliki hak untuk melakukan autentikasi terhadap komputer lainnya, seperti yang dilakukan oleh domain controller.

·                Workstation atau komputer klien:Komputer-komputer jenis ini akan berpartisipasi dalam kebijakan keamanan yang diterapkan oleh domain controller terhadap domain yang bersangkutan. Komputer-komputer ini dapat digunakan sebagai desktop biasa oleh pengguna.

Sistem-sistem operasi Windows yang mendukung kerja sebagai workstation adalah Windows NT Workstation, Windows XP Professional, serta Windows 2000 Professional. Sistem-sistem seperti Windows Millennium Edition, Windows 95, Windows 98, serta Windows for Workgroups sebenarnya dapat tergabung ke dalam sebuah domain Windows NT, tapi tidak dianggap sebagai anggota penuh dari sebuah domain, mengingat komputer-komputer tersebut tidak terdaftar ke dalam basis data direktori domain tersebut.

Sebuah domain Windows NT hanya membutuhkan satu buah PDC saja, tapi boleh memiliki beberapa BDC. Dengan membuat sebuah PDC, maka domain pun telah dapat dibuat. Member server yang menjalankan sistem operasi Windows NT Server atau Windows NT Workstation dapat langsung berpartisipasi ke dalam domain. Beberapa sistem operasi lainnya seperti Windows 9x juga dapat berpartisipasi tapi tidak akan dianggap sebagai anggota. Keluarga sistem operasi UNIX juga dapat tergabung dengan domain Windows NT dengan menggunakan Samba.

Domain.AC.ID
Jenis domain di atas digunakan bagi lingkungan akademik/perguruan tinggi dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.

Domain.CO.ID
Jenis domain di atas digunakan bagi organisasi komersial yang pada ketentuan dan kebijakan selanjutnya hanya diperuntukan bagi perusahaan dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.

Domain.OR.ID      
Jenis domain di atas digunakan bagi organisasi selain organisasi yang masuk kedalam kategori domain AC.ID, CO.ID, NET.ID, GO.ID, MIL.ID, SCH.ID, dst dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.

Domain.NET.ID
Jenis domain di atas digunakan bagi organisasi pemegang Izin Penyelenggara jasa telekomunikasi dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.

Domain.WEB.ID
Jenis domain di atas digunakan bagi personal dan organisasi dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.

Domain.SCH.ID
Jenis domain di atas digunakan bagi sekolah dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan

Domain.GO.ID
Jenis domain di atas digunakan khusus bagi instansi pemerintah dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.

Domain.MIL.ID
Jenis domain di atas digunakan bagi kalangan militer dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.

Domain.WAR.NET.ID
Jenis domain di atas digunakan bagi warung internet dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.

Adapun untuk jenis-jenis domain disertai penjelasan dari masing-masing domain tersebut selengkapnya bisa di lihat berikut ini:

1.             Domain TLD (Top Level Domains) dimana artinya penggunaan bisa secara global tidak terbatas wilayah dan nama suatu negara:

.Com di gunakan untuk kepentingan komersial atau perusahaan.

.Net di gunakan untuk kepentingan network infrastruktur.

.Org di gunakan untuk kepentingan organisasi.

.Info di gunakan untuk kepentingan informasional website.

.Name digunakan untuk kepentingan keluarga atau personal.

.Edu digunakan untuk kepentingan website pendidikan, terbatas hanya utk pendidikan.

.Mil di gunakan untuk kepentingan website angkata bersenjata amerika, terbatas hanya utk Militer.

.biz di gunakan untuk kepentingan Bisnis.

.tv di gunakan untuk Entertainment seperti Televisi, Radio, majalah.

.travel di gunakan untuk Bisnis Pariwisata.

.xxx di gunakan untuk keperluan Pornografi dimana tidak akan lama lagi bisa digunakan seperti artikel Domain .XXX akan terwujud.

2.             Domain ccTLD’s (Country Coded Top Level Domains) seperti berikut :

·  Indonesia yakni menggunakan .id

·  Singapura yakni menggunakan .sg

·  Malaysia yakni menggunakan .my

3.             Adapun Domain khusus Indonesia dibagi menjadi beberapa sub domain seperti:

.or.i : Untuk Organisasi

.co.id : Untuk Komersial

.go.id : Untuk Pemerintahan

.ac.id : Pendidikan Tinggi

.sch.id : Untuk Sekolah

.net.id : Internet Provider

.web.id : Untuk Umum

Jika anda tertarik untuk menggunakan domain khusus Indonesia.

Berikut persyaratannya :

1.             ac.id

Digunakan bagi lembaga pendidikan minimal penyelenggara setara diploma I.

* SK Depdikbud pendirian lembaga.

* No Akta Pendirian / SK REKTOR (Pimpinan Lembaga).

* Surat pernunjukan/kuasa dari pejabat tertinggi lembaga pendidikan tentang       pendaftar domain.

* Fotokopi KTP/kartu identitas penerima kuasa.

2.             co.id

Untuk perusahaan Swasta yang memiliki Badan Hukum.

* Fotokopi KTP Penanggung jawab.

* NPWP.

* SIUP / Akte Pendirian Perusahaan.

* khusus untuk perusahaan, pastikan bahwa Anda memiliki nama perusahaan (harus disertai nomor NPWP atau SIUP) yang sama atau berhubungan dengan domain yang Anda pilih.

* Surat pendaftaran merk atau hak paten (bila ada).

3.             go.id

* Untuk area pemerintahan seperti Instansi, Departemen, Badan, dll.
* Pendaftar bertindak atas nama badan/lembaga/institusi pemerintah dan termasuk dalam kategori departemen, non departemen, BUMN serta industri strategis.
* Surat Keputusan Kepala Institusi/ minimal pejabat eselon2 tentang pemilihan nama domain.
* Nama domain yang didaftarkan harus merupakan nama resmi lembaga, instansi, departemen, atau BUMN yang bersangkutan, yang berkaitan dengan pemerintah Indonesia.
* Struktur organisasi dari pemerintahan yang berkaitan dengan kantor tersebut akan digunakan sebagai landasan dalam menentukan nama serta susunan selanjutnya dari sub-domain.

4.             mil.id
* Domain untuk TNI (Tentara Nasional Indonesia).

* Pendaftar bertindak atas nama TNI.

* Adanya Surat Keputusan tentang pemilihan nama domain.

* Nama domain yang didaftarkan harus merupakan nama resmi lembaga.
* Struktur organisasi dari instasi akan digunakan sebagai landasan dalam menentukan nama serta susunan selanjutnya dari sub-domain.

5.             net.id
* Untuk organisasi pemegang Ijin Penyelenggara jasa telekomunikasi (ISP, Telco, VSAT, Seluler dll.)

* Fotokopi KTP Penanggung jawab.

* Ijin usaha telekomunikasi (ISP, Telco, VSAT, Seluler dll.) dari Pemerintah.

6.             or.id
* Untuk Organisasi/ Yayasan/ Perkumpulan/ Komunitas.

* Fotokopi KTP Penanggung jawab.

* SK. Organisasi / Akte Yayasan / Akte Organisasi.

7.             sch.id
* Untuk Lembaga Pendidikan seperti SD, SMP, SMU, dan lainnya yang beroperasi sesuai dengan perundangan yang berlaku, termasuk yang bukan di bawah naungan Ditjen DikDasmen Depdikbud, seperti Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah, dan Aliyah.

* Surat pengajuan resmi dari Kepala Sekolah yang bersangkutan (diatas kop surat, ditandatangani dan dibubuhi stempel sekolah ybs).

* Fotokopi KTP / kartu identitas dari kepala sekolah/kepala UPT/pejabat yang ditunjuk sebagai penanggung jawab.

8.             war.net.id
* Untuk usaha Warung Internet.

* Fotokopi KTP Penanggung jawab.

* SIUP / Ijin Mengadakan Keramaian (jika ada).

9.             web.id
* Untuk organisasi umum diluar ac, co, go, net, or, sch, warnet.ID.

* Fotokopi KTP Penanggung jawab.

* Surat Keterangan organisasi.

* Sumber: tikkudus.com



CARA MEMBUAT DOMAIN GRATIS

Dahulu layanan gratis di internet hanya sebatas penggunaan email gratis sebagai sarana komunikasi, tetapi sekarang perkembangannya sangat cepat dan banyak yang bisa dimanfaatkan dari internet, seperti: Weblog, bekanja online, forum diskusi, jejaring sosial.Layanan domain gratis saat ini yang sedang di gandrungi adalah weblog dari Blogspot dan wordpress, namun alamat domain yang kita dapatkan merupakan sub domain nya, sehingga alamat situs kita menjadihttp://namadomainanda. blogspot.com atau http://namadomainanda.wordpress.com, tentu sebagian orang menganggap ada embel-embel di belakang tadi terkesan tidak profesional dan terlalu panjang.Jadi mau yang lebih kelihatan profesional? berikut ini adalah daftar layanan domain gratis di internet.

1.             Domain CO.CC - Domain gratis ini bisa anda dapatkan di situs: www.co.cc, Untuk saat ini domain co.cc yang paling mudah didapatkan dan konfigurasi domain nya pun mudah untuk dipahami, alamat yang akan anda dapatkan nantinya adalah: http://namadomainanda.co.cc

2.             Domain CO.NR - Domain yang satu ini bisa anda dapatkan di situs: www.freedomain.co.nr -alamat yang akan anda dapatkan nantinya adalah: http://namadomainanda.co.nr

3.             Domain .TK - Domain yang satu ini bisa anda dapatkan di situs: www.dot.tk  -alamat yang akan anda dapatkan nantinya adalah: http://namadomainanda.tk

4.             Domain .TF - Domain yang satu ini bisa anda dapatkan di situs: www.unonic.com -alamat yang akan anda dapatkan nantinya adalah: http://namadomainanda.net.tf

5.             Domain .TC - Domain yang satu ini bisa anda dapatkan di situs: www.smartdots.com -alamat yang akan anda dapatkan nantinya adalah: http://namadomainanda.net.tc

Kelima domain di atas bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan dan membuat domain gratis untuk blog atau website anda. trus bagaimana caranya? untuk detail langkah demi langkah cara membuat domain gratis, saya sudah membuat artikel cara membuat domain gratis di co.cc dan anda bisa melihat dan mencobanya disini. Demikian cara mendapatkan dan membuat domain gratis dari internet. semoga berhasil.

Berikut adalah cara untuk mendapatkan #domain secara gratis:

1.             Daftar Di sini untuk mendapatkan akunnya.

2.             Jika sudah daftar, silakan Sign In kembali di Intuit, lalu klik "Choose a domain (www.yourname.com) for your website".

3.             Masukkan nama domain yang kalian inginkan.

4.             Jika domain yang kalian inginkan tersedia klik "Get Domain".

5.             Selanjutnya isi semua data seperti Nama, Email, Nomor HP, dll.

6.             Berikutnya, jangan dicentang Domain Privacy, centang I agree to the Terms of Service dan Submit.

7.             Kemudian akan muncul halaman pop out yang tujuannya untuk meminta informasi dan alamat penagihan domain kalian (Domain yang kalian minta gratis, tapi untuk melindungi terhadap penipuan mereka membutuhkan informasi penagihan domain kalian.). Pada bagian Credit Card, masukkan Credit Card khususnya:

o   Name on card : Luxie

o   Credit Card Number : 4447962191113806

o   Expirate Date : 06 / 2014

o   Card Security Number : 514

8.             Terakhir klik Purchase dan selamat Anda sudah mendapatkan Top-Level Domain (TLD) 1 tahun gratis!

9.             Untuk mengatur Nameserver atau DNS nya silakan tunggu 24 jam sampai proses domain selesai.

10.         Jika kalian mau order domain lagi cukup dihapus saja domain yang sebelumnya. (Domain tidak akan mati). Pastikan juga Nameserver atau DNS nya sudah diatur.

11.         Dan ulangi lagi seperti nomor 4, begitulah sampai seterusnya. Tidak perlu menunggu 1 atau 2 hari lagi.

Dengan satu akun kita bisa order domain sepuasnya.

CARA MEMBUAT SUBDOMAIN

Sub domain menjadi sangat penting bila web telah berkembang. Misal anda punya domain perusahaanmu.com lalu anda telah memiliki cabang diberbagai kota, dan anda hendak membuat sub domain : www.bandung.perusahaanmu.com www.jogja.perusahaanmu.com www.jakarta.perusahaanmu.com dll

Cara membuat sub domain sangat mudah :

1. Masuk ke cpanel www.domainanda.com/cpanel

2. Masukkan username dan password yang pernah dikirimkan oleh perusahaan tempat anda membeli hosting.

3. Klik Sub domain :

4. Tuliskan nama sub domain yang anda kehendaki, pada document root = kosongkan saja (otomatis terisi), lalu klik Create

5. Selesai membuat sub domain, silakan akses subdomain anda.

6. Untuk upload website bisa di dalam folder public_html/subdomain-nya







0 komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog Saya

Bantul

Bantul
Santai aj

My Faforit

  • Film Action
Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Cari Blog Ini